Langsung ke konten utama

Mahasiswa ber-Wirausaha sejak dini di kampus!! Keren!!!

Kuliah semester 2 ada mata kuliah namanya Kewirausahaan,

Mata kuliah ini menurutku yaitu membuka mata mahasiswa agar jangan mesti lulus itu harus mencari kerja, tetapi membuka peluang kerja.

Kata Dosenku waktu itu :
"Kalian adalah orang-orang terpilih yang diberi kesempatan untuk kuliah, tujuannya kalian kuliah yaitu mencari ilmu lebih tinggi dari mereka yang belum diberi kesempatan kuliah (alias lulusan SMA) untuk membuka lapangan kerja dan mereka yang belum diberi kesempatan kuliah agar bisa bergantung hidup sama kalian"

Saya Lulusan Universitas Padjadjaran. Setiap tahun ada 4 Gwlombang Wisuda di UNPAD. Setiap bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Setiap 1 Gelombang itu hampir 1500an Wisudawan dan Wisudawati yang lulus. Coba dikali 4 gelombang. Ada berapa?
belum dari Universitas lain, baik negeri maupun swasta di Bandung. Belum kota lain?
Jadi intinya ada berapa lulusan diploma dan sarjana setiap tahun?

jika mereka yang sarjana dan diploma, lulus kuliah bercita-cita kerja kantoran. Siapa yang akan menciptakan peluang kerja untuk mereka yang belum dikasi kesempatan kuliah bahkan mungkin mereka yang belum dikasih kesempatan meneruskan sekolah formal?

Dan coba berfikir lagi, berapa lulusan sarjana maupun diploma setiap tahun, coba bandingkan dengan lapangan kerja yang tak sebanding?
maka mau jadi apa generasi ini? apakah mereka harus bergantung pada gedung-gedung tinggi untuk mencari uang?

padahal, mereka dikasih kesempatan sekolah lebih tinggi yaitu bukan untuk mencari kerja melainkan menciptakan lapangan kerja karna ini jaman modern tidak seperti orang tua kita dulu yang menjadi PNS itu lebih mudah karna lulusan kuliah dijaman dulu tidak semembludak jaman sekarang.

Salah satu cara untuk mendapatkan nilai bagus yaitu di mata kuliah ini, adalah dengan berjualan menggunakan inovasi terbaru. Dianggap anak muda memiliki ide yang cemerlang dalam menciptakan sebiuah ide inovasi.

karna yang out of the box itu kemungkinan besar laku dijaman sekarang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman kerja Part Time di ZOYA jadi Moeslem Fashion Assistant (MFA)!!!!

Sekarang, saat nya berbagi tentang pengalaman kerja part time ya. mungkin banyak yang udah paham ya apa itu kerja part time, jadi awalnya itu waktu kuliah semester 2, karna liburan semester genap adalah libur panjang yang sekalian sama libur lebaran, sekitar 2 bulanan, Dan cerita ini sekitar tahun 2013. Namanya juga anak kuliahan, uang ngga seberapa, pengen dong nambah-nambah uang jajan. dan yang terlintas adalah pengen kerja dan ngehasilin uang sendiri, kepikiran kerja part time ituu karena  dapet info dari temen juga. Berhubung bulan puasa dan kebetulan temen juga infonya yaitu kalo ZOYA baju muslim buka part itme untuk bazar lebaran. ini adalah pertama kalinya aku kerja, ikut perusahaan, dan langsung berhadapan sama customer juga. Awalnya waktu itu masukin lamaran ke PT Shafco Coorporation, tepatnya di Jalan Rumah Sakir Gede Bage Bandung (Sebelahan sama pasar Gede Bage). Ngga lama kemudian ada panggilan nih lewat SMS, yaitu panggilan wawancara, dan ini wawancara pertama dala

Bakti BCA

Bakti BCA! Yesss i got it. 2015 Desember - flashback yaaa :) Setelah ditulisan sebelumnya aku bahas tentang rekrutmen BCA. Karna sudah lolos aku mau berbagi pengalaman juga nih sama kalian tentang kerja di BCA. Yak BCA itu pertama kali banget aku sebagai fresh graduate kerja. Dimana apa-apa masih belum ngerti tentang kerja itu kayak apa, daaaaan ditambah kita bekerja sebagai garda terdepan perusahaan (alias berhadapan langsung dengan pelanggan) omaygad! Jadi Tahap Awal ituuuu Kita Training selama 1 minggu. Belajar menghitung uang dengan tangan dalam 100lembar harus mampu mencapai 20 detik. Belajar setoran nasabah (baru hanya setoran), Trus kita ada beauty class juga. Belajar tentang Pencucian Uang. Belajar tentang mengenal uang palsu. Sampe belajar ngadepin customer. Sampe ada ujian prakteknya juga di hari ke 7. Yang nguji para Kepala Bagian baik Kabag Teller maupun CSO dari seluruh BCA di Bandung. Cerita fasilitas dulu ya, aku training di BCA Regional Learning C

SAMAPTA Diklat Prajabatan 57 PT PLN (Persero)

Akhirnya, hari yang dinanti tiba. 5 Februari 2017 kumpul di PLN Distribusi Jawa Barat. Rekrutmen Jobfair ITB D-3 siap diklat prajabatan!. Pagi itu berangkat jam 4 subuh ke Distribusi Jawa Barat, bawa koper dengan isi penuh buat bekal prajabatan, yang kemungkinan besar kita ngga bisa pulang lagi. Tahap ini namanya tahap Prajabatan yang pertama yaitu SAMAPTA. berhubung belum diangkat jadi Pegawai tetap PLN maka kita disebeut Siswa PLN. Hari minggu waktu itu, semua siswa pake baju hitam putih antara senang akan kerja dan sedih ninggalin orang tua. Karna kita gapernah tau bisa jadi pagi itu pertemuan terakhir sebelum perpisahan panjang karna entah kapan kita akan pulang lagi. Pagi itu berangkat dengan semangat, karna perjuangan TES yang berat sudah dilewati, satu anak tangga sudah dipijak. Entah ketika sampai Distribusi Jabar, hati ini menjadi ragu. Ketika menatap wajah papa yang semakin menua. seketika berfikir apa mungkin kita akan tidak berjumpa untuk waktu yang panjang?