Langsung ke konten utama

SAMAPTA Diklat Prajabatan 57 PT PLN (Persero)

Akhirnya, hari yang dinanti tiba.

5 Februari 2017 kumpul di PLN Distribusi Jawa Barat.
Rekrutmen Jobfair ITB D-3 siap diklat prajabatan!.
Pagi itu berangkat jam 4 subuh ke Distribusi Jawa Barat, bawa koper dengan isi penuh buat bekal prajabatan, yang kemungkinan besar kita ngga bisa pulang lagi.
Tahap ini namanya tahap Prajabatan yang pertama yaitu SAMAPTA. berhubung belum diangkat jadi Pegawai tetap PLN maka kita disebeut Siswa PLN.
Hari minggu waktu itu, semua siswa pake baju hitam putih antara senang akan kerja dan sedih ninggalin orang tua. Karna kita gapernah tau bisa jadi pagi itu pertemuan terakhir sebelum perpisahan panjang karna entah kapan kita akan pulang lagi.
Pagi itu berangkat dengan semangat, karna perjuangan TES yang berat sudah dilewati, satu anak tangga sudah dipijak. Entah ketika sampai Distribusi Jabar, hati ini menjadi ragu. Ketika menatap wajah papa yang semakin menua. seketika berfikir apa mungkin kita akan tidak berjumpa untuk waktu yang panjang?

Air mata bercucuran, gak hanya aku, kebanyakan cewk-cewek menangis melepas perpisahan dengan orang tua, oang terdekat, dan orang terkasih. (cielah lebay ya) hehe.....

Kita berangkat ke PLN PUSDIKLAT di Ragunan Jakarta Selatan. Disana ketemu sama semua siswa PLN dari seluruh Indonesia, Mulai dari makassar, jatim, jateng, jakarta, palembang, Padang. kita semua berkumpul menjadi Siswa PLN Angkatan 57.

Disana kita ketemu dengan Komandan dari Pusdikpom, disana kita dibagi kelompok yang namanya Kompi dan Pleton. Aku masuk di Kompi B pleton 1 waktu itu. habis dr pusdiklat kita langsung melanjutkan perjalanan ke Pusdikpom Cimahi. (Balik lagi ke Bandung)

Sampai Pusdikpom Jam 18.00 menjelang maghrib. kita langsung pembagian seragam dan sepatu untuk dipakai 10 hari kedepan. habis itu kita makan malem, ternyata makan malem satu meja itu 8 orang kalo belum 8 orang kita ngga boleh duduk, trus juga kita tidak diperkanankan ngobrol di dalem ruang makan.

Di Pusdikpom kita diajarin jiwa KORSA, kemana-mana harus berbaris sama temen kompi, harus sama langkahnya, harus nyanyi yang kenceng, salah satu semua kena hukumannya. sebenernya seru sih, pengen ngulang tapi gamau cape. hehehe.
Disana kita juga belajar sama Gumil, belajar didalem kelas, belajar Wawasan Nusantara, Belajar Bela Negara banyak deh sampe lupa, momen lucu ketika belajar adalah "Terserang Ngantuk" liat temen kita nahan ngantuk itu lucu banget pengen ketawa sampe kita ikutan ngga ngantuk.

Di hari terakhir SAMAPTA kita ada Mountenering ke Hutan Pinus Cikole Lembang, disana kita Mountenering ngelewatin rintangan, Caraka Malam, tidur di tandu trus ada Pendadakan juga, kita disana ngerasain apa yang dirasain bapak-bapak TNI waktu latian walaupun tidak sekejam bapak-bapak TNI hehe.

Seru banget masuk Pusdik TNI, ga semua orang bisa masuk sana dan belajar di dalem sana. buat kamu yang mau prajabatan PLN dan mau SAMAPTA. memang SAMAPTA itu melelahkan dan membosankan tapi ketika kamu keluar dari Pusdik kamu pasti akan merindukan suasana Pusdik. Selamat Samapta :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman kerja Part Time di ZOYA jadi Moeslem Fashion Assistant (MFA)!!!!

Sekarang, saat nya berbagi tentang pengalaman kerja part time ya. mungkin banyak yang udah paham ya apa itu kerja part time, jadi awalnya itu waktu kuliah semester 2, karna liburan semester genap adalah libur panjang yang sekalian sama libur lebaran, sekitar 2 bulanan, Dan cerita ini sekitar tahun 2013. Namanya juga anak kuliahan, uang ngga seberapa, pengen dong nambah-nambah uang jajan. dan yang terlintas adalah pengen kerja dan ngehasilin uang sendiri, kepikiran kerja part time ituu karena  dapet info dari temen juga. Berhubung bulan puasa dan kebetulan temen juga infonya yaitu kalo ZOYA baju muslim buka part itme untuk bazar lebaran. ini adalah pertama kalinya aku kerja, ikut perusahaan, dan langsung berhadapan sama customer juga. Awalnya waktu itu masukin lamaran ke PT Shafco Coorporation, tepatnya di Jalan Rumah Sakir Gede Bage Bandung (Sebelahan sama pasar Gede Bage). Ngga lama kemudian ada panggilan nih lewat SMS, yaitu panggilan wawancara, dan ini wawancara pertama dala

Bakti BCA

Bakti BCA! Yesss i got it. 2015 Desember - flashback yaaa :) Setelah ditulisan sebelumnya aku bahas tentang rekrutmen BCA. Karna sudah lolos aku mau berbagi pengalaman juga nih sama kalian tentang kerja di BCA. Yak BCA itu pertama kali banget aku sebagai fresh graduate kerja. Dimana apa-apa masih belum ngerti tentang kerja itu kayak apa, daaaaan ditambah kita bekerja sebagai garda terdepan perusahaan (alias berhadapan langsung dengan pelanggan) omaygad! Jadi Tahap Awal ituuuu Kita Training selama 1 minggu. Belajar menghitung uang dengan tangan dalam 100lembar harus mampu mencapai 20 detik. Belajar setoran nasabah (baru hanya setoran), Trus kita ada beauty class juga. Belajar tentang Pencucian Uang. Belajar tentang mengenal uang palsu. Sampe belajar ngadepin customer. Sampe ada ujian prakteknya juga di hari ke 7. Yang nguji para Kepala Bagian baik Kabag Teller maupun CSO dari seluruh BCA di Bandung. Cerita fasilitas dulu ya, aku training di BCA Regional Learning C