Langsung ke konten utama

Bakti BCA

Bakti BCA! Yesss i got it.
2015 Desember - flashback yaaa :)

Setelah ditulisan sebelumnya aku bahas tentang rekrutmen BCA.

Karna sudah lolos aku mau berbagi pengalaman juga nih sama kalian tentang kerja di BCA.
Yak BCA itu pertama kali banget aku sebagai fresh graduate kerja. Dimana apa-apa masih belum ngerti tentang kerja itu kayak apa, daaaaan ditambah kita bekerja sebagai garda terdepan perusahaan (alias berhadapan langsung dengan pelanggan) omaygad!

Jadi Tahap Awal ituuuu
Kita Training selama 1 minggu. Belajar menghitung uang dengan tangan dalam 100lembar harus mampu mencapai 20 detik. Belajar setoran nasabah (baru hanya setoran), Trus kita ada beauty class juga. Belajar tentang Pencucian Uang. Belajar tentang mengenal uang palsu. Sampe belajar ngadepin customer. Sampe ada ujian prakteknya juga di hari ke 7. Yang nguji para Kepala Bagian baik Kabag Teller maupun CSO dari seluruh BCA di Bandung.

Cerita fasilitas dulu ya, aku training di BCA Regional Learning Center Bandung, waktu itu aku angkatan 11 bersama 22 orang dari seluruh BCA Kanwil Bandung. Tempat belajarnya enak banget, kursi mejanya juga nyaman banget buat belajar, AC nya dingin banget, Komputernya  juga bagus semua gada cacat cacat, fasilitas a i u e o sampai z juga sudah tersedia lengkap. Kita gausah bawa apa apa darimulai modul sampe tetek bengek (kaya uang-uangan, buku tabungan, sampe pulpen) sudah disiapin sama Learning Center.

Snack dan makan siangnya pun udah 5 sehat 6 sempurna deh pokonya. Asik banget kalo udah di Learning Center itu kenyang terjamin (betapa beruntungnya saat itu jadi calon pegawai BCA) yang mungkin diidam-idamkan banyak orang disana, yang mungkin dipandang "wah hebat", "wah pasti gajinya gede tuh", "wah cantik ya jadi pegawai bank" dan ini ituuu..

Tapi ya tetep aja deg degan karna kita ini belajar ga main-main masih ada ujian yang bisa jadi kalo kita nilainya jelek ga lulus dan bisa jadi gamasuk BCA.

Hari berlalu sampai training awal itu selesai. 22 orang lulus semua dan kita penempatan di BCA Kantor Cabang Utama (KCU) masing-masing. Waktu itu aku penempatan BCA KCU Soekarno Hatta (sendirian dong). Masuk sana ya biasalah anak baru pake baju hitam  putih belum kenal sama senior-senior yang notabene semua pada cantik. Minder akuuuu plis kenalan sama lipstik aja waktu masuk di Learning Center.

Awal masuk kaget banget ternyataaaaa transaksi keuangan di KCU itu buanyak bangeeeeeetttttt.
Sampe-sampe ada nih temenku di KCU DAGO hari pertama masuk kantor langsung besoknya minta resign karna gasanggup liat uang banyak banget dia pusing :D (lucu ya padahal cowo loh).

Lanjut ya sis, karna kita anak ojt baru kan akhirnya kita disuruh  liat liaaaat senior-seniornya kerja, cara menghadapi pelanggan dan cara membereskan uang. Mampuslah itu OJT ku satu bulan karna waktu itu kepotong natal dan tahun baru (biasanya 2 minggu cukup). Sebulan aku sering banget berdiri dari jam 08.00-15.00 karna KCU gada kursi lagi dan emang jalur sibuk jadi kalo kita duduk kaya jadi ngehalangin gitu.

Tau dirilah ya sis anak baru ya berdiri.
Alhamdulillah dapet kabar nih kalo ternyata aku ga buat ditempatin disitu tapi buat di BCA Kantor Cabang Pembantu (KCP) Cimahi. Syukurlah ya......, karna kalo KCU emang sibuk banget mereka sering banget lembur karna transaksi dan pelanggannya juga banyak.
Waktu berlalu sebulan ojt sudah dilewati.

Lanjut training lagi nih seminggu lagi, ngitung uang 100 lembarnya naik jadi harus 17 detik yang awalnya 20. Udah gitu transaksinya ditambah tarikan,  pindahan giro, kliring, pencairan cek, cek pindahan dan lain lain, (training pertama kan setoran doang). Nah mulai puyeng nih. Karna banyak kode yang harus kita hapalkan. Mana di hari ke 7 tetep ada ujian kaya tahap 1.

Yasudahlah jalanin aja toh juga berlalu juga.....
Oiya dari 22 orang pas masuk tahap 2 jadi tinggal 20 (yang 1 resign, yang 1 hilang tanpa kabar dan dua-duanya cowoooo)

Yeay!!!! Masuk BCA CIMAHI nihhh kenalan lagiiii sama orang baru lagiiii suasana baru lagiiii, TAPIIII enaknya deket sama rumahkuuuu. Oiya btw pas masuk pas aku ulang tahun ke 21 lhoooo hehe.

Yasudahlah pertama kali masuk dalam seminggu aku blm buka konter, masih adaptasi sama kaya anak ojt masih berdiri gituuuu dibawah tulisan BCA haha gabanget ya sis.
Setelah seminggu itu baru deh pede buka konter dengan anggunnya pake seragam Bank yang cantik ituuuu berjas dan berlipstik. Awal kerja sih ya masih canggung kalo sama pelanggan masih malu malu dan masih lama kerjanya. Udah gitu masih banyak kekurangan lah karna belum biasa kan.
Tapi lama lama ya biasa.

Karna kan di bank tuh banyak kode yang harus kita apalkan. Ditambah perhitungan uang harus cepat karna banyak sekali nasabah yang setor dan uangnya berbagai macam rupa. Ada 2000an sekian lembar 5000 sekian lembar 10.000 sekian lembar dan lain lain +receh jugaaaaa.
Masalah dalam pekerjaan itu banyak, apalagi di bank dan jadi Teller masalah utamanya hanya SELISIH, entah selisih kurang atau lebih yang penting namanya selisih. Kalo selisih kurang kita ganti kalo selisih lebih kita kembalikan sama perusahaan dan kita buat jurnal yang puanjang banget itu. Kalo ngga selisih ya SALAH INPUT MASUK REKENING ORANG ini yang bahaya.
Kesalahan biasa terjadi apalagi kita manusia hanya saja jangan terlalu sering karna bentuk penilaian kinerja buat kita.

Sooooo buat kamu yang sekarang lagi berjuang buat Bakti BCA selamat berjuang! Semoga sukses dan bisa diangkat jadi KEF.

Yang pasti BCA adalah bank terbaik menurut aku dia memberikan kesempatan untuk lulusan SMA Buat kerja dan mencari pengalaman. BCA udah ngajarin aku cara bekerja dengan cepat karna bagi perusahaan waktu adalah uang. BCA udah ngajarin cara dan trik jitu ngadepin pelanggan yang akhirnya jadi kebiasaan baik buat dilingkungan sekitar juga. BCA udah ngajarin aku banyak dan membekalkan aku mental yang baik. TERIMAKASIH BCA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman kerja Part Time di ZOYA jadi Moeslem Fashion Assistant (MFA)!!!!

Sekarang, saat nya berbagi tentang pengalaman kerja part time ya. mungkin banyak yang udah paham ya apa itu kerja part time, jadi awalnya itu waktu kuliah semester 2, karna liburan semester genap adalah libur panjang yang sekalian sama libur lebaran, sekitar 2 bulanan, Dan cerita ini sekitar tahun 2013. Namanya juga anak kuliahan, uang ngga seberapa, pengen dong nambah-nambah uang jajan. dan yang terlintas adalah pengen kerja dan ngehasilin uang sendiri, kepikiran kerja part time ituu karena  dapet info dari temen juga. Berhubung bulan puasa dan kebetulan temen juga infonya yaitu kalo ZOYA baju muslim buka part itme untuk bazar lebaran. ini adalah pertama kalinya aku kerja, ikut perusahaan, dan langsung berhadapan sama customer juga. Awalnya waktu itu masukin lamaran ke PT Shafco Coorporation, tepatnya di Jalan Rumah Sakir Gede Bage Bandung (Sebelahan sama pasar Gede Bage). Ngga lama kemudian ada panggilan nih lewat SMS, yaitu panggilan wawancara, dan ini wawancara pertama dala

SAMAPTA Diklat Prajabatan 57 PT PLN (Persero)

Akhirnya, hari yang dinanti tiba. 5 Februari 2017 kumpul di PLN Distribusi Jawa Barat. Rekrutmen Jobfair ITB D-3 siap diklat prajabatan!. Pagi itu berangkat jam 4 subuh ke Distribusi Jawa Barat, bawa koper dengan isi penuh buat bekal prajabatan, yang kemungkinan besar kita ngga bisa pulang lagi. Tahap ini namanya tahap Prajabatan yang pertama yaitu SAMAPTA. berhubung belum diangkat jadi Pegawai tetap PLN maka kita disebeut Siswa PLN. Hari minggu waktu itu, semua siswa pake baju hitam putih antara senang akan kerja dan sedih ninggalin orang tua. Karna kita gapernah tau bisa jadi pagi itu pertemuan terakhir sebelum perpisahan panjang karna entah kapan kita akan pulang lagi. Pagi itu berangkat dengan semangat, karna perjuangan TES yang berat sudah dilewati, satu anak tangga sudah dipijak. Entah ketika sampai Distribusi Jabar, hati ini menjadi ragu. Ketika menatap wajah papa yang semakin menua. seketika berfikir apa mungkin kita akan tidak berjumpa untuk waktu yang panjang?